Responsive Ads Here

TUTORIAL PENJUMLAHAN, PENGURANGAN, PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PROGRAM MICROSOFT OFFICE EXCEL MENGGUNAKAN RUMUS PENJUMLAHAN

TUTORIAL PENJUMLAHAN, PENGURANGAN, PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PROGRAM MICROSOFT OFFICE EXCEL MENGGUNAKAN RUMUS PENJUMLAHAN

Penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian adalah hal yang sangat sering digunakan sehari-hari, ada banyak cara untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian mulai dari cara menghitung secara manual seperti hutung menggunakan jari, kalkulator. Dah bahkan sebagian orang memiliki cara tersendiri untuk melakukan perhitungan dengan cepat. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada microsoft excel.
Pada tutorial ini saya akan memberi penjelasan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada microsoft exel dengan menerapkan rumus  :
           
Penjelasan dari rumus penjumlahan diatas:
1.      ∑    = penjumlahan
2.      n     = sampel
3.      pi    = jumlah data p ke i
4.      ti     = jumlah data t ke i
5.      á¹— (p bar) = rata-rata

kenapa saya menggunakan rumus diatas??  Hal ini karena rumus diatas adalah salah satu rumus yang terdapat pemjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sekaligus mencari nilai rata-rata.
sebelum kita melakukan penjumlahan atau menyelesaikan rumus diatas tersebut yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah memperhatikan rumus terlebih dahulu.hal ini agar kita memahami dari rumus tersebut yang mana terlebih dahulu untuk dihitung. Kunci memperhatikan rumus terlebih dahulu. Apabila pada rumus tersebut memiliki pembilang dan penyebut, yang harus kita selesaikan terlebih dahulu adalah pada bagian pembilangnya. Kemudia apabila pada pembilang terdapat buka dan tutup kurung. Maka terlebih dahulu kita melakukan perhitungan yang didalam kurung, itu adalah dasar menyelesaikan penjumlahan menggunakan rumus.


Berikut adalah penjelasan bagaimana cara melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian menggunakan rumus penjumlahan diatas.

1.    Pertama kita membuka software “microsoft office excel” yang terdapat pada laptop. Tepatnya pada dekstop.

2.   Setelah software microsoft excel terbuka, isikan terlebih dahulu indentitas anda. Nama, nim,  jurusan dan sebagainya. Buat identitas anda pada kolom A1 pada excel. Jika anda tidak tertarik pada kolom A1. Bisan dipindahkan pada kolom lain. Disini saya menyarankan pada kolom A1 tepatnya paling atas agarterlihat lebih rapi.
Dapat kita lihat pada gambar diatas adalah salah satu contoh membuat identitas. Pada gambar diatas sebagai contoh menggunakan identitas nama saya sendiri.  Dimana ATI18a adalah nama mata kuliah Aplikasi Teknologi informasi tahun 2018 kelas A. Dan UA adalah singkatan dari ujian kelas A. Dilanjutkan dengan 01 yang berarti nomor absen. Dan dilanjutkan dengan nama dan nomor induk  penulis.

3.     Selanjutnya arahkan “cursor” pada kolom B3, klik dan ketik “nomor”. Selanjutnyadi ikuti dengan kolom B4,B5,B6 untuk mengisi angka1 sampai 12. ( tergantung berapa data yang ingin digitu. Jika data sampai 20. Maka kita akan menulis angka sampai 20) pada penjelasan ini penulis telah menyiapkan 12 data.
Selanjutnya pada kolom B4, B5, B6 dan seterusnya kita mengisi angka atau nomor urut. Ada cara simpel membuat nomor urut pada excel yaitu dengan cara: pertama isi angka 1 kolom B4, dan ketik angka 2 pada kolom B5.cukup dua angka saja.
    Selanjutnya block kolom B4 dan B5 atau angka 1 dan 2
Setelah kolom B4 dan B5 di blok arahkan “cursor” pada kotak yang telah diblok disebelah kiri paling bawah. Dan klik (setelahdi klik ditahan ) tarik sampai kebawah padakolom B15. Otomatis nomor terurut sampainomor 12. Untuk lebih jelas dapat kita lihat pada gambar dibawah.


1.      Ketik angka 1 pada kolom “B4” dan angka 2 pada kolom “B5
2.      Blok angka 1 dan dua atau kolom “B4” dan “B5
3.      Setelah blok akan terlihat kotak, pada bagian bawah sudut kiri kotak klik dan tahan
4.      Tarik atau geser ke bawah sampai pada kolom “B15
5.      Maka nomor urut secara otomatis akan muncul seperti pada gambar nomor.2 diatas

4.    Setelah membuat nomor pada excel, selanjutnya kita mengisi data. Pada penjelasan ini penulistelahmenyiapkan data p,t dan data r. Pertama kita akan  mengisi data p. Arahkan “cursor” pada kolom C4 dan ketik “p” kemudian dilanjutkan dibawahnya mengisi data yangtelahtersedia pada kolom C4 sampai C15.
         Kemudian mengisi data “t” disamping data “p” tepat nyapada kolom “D3”. Setelah mengisi data “t” dilanjutkan mengisi data “r” disamping data “t” pada kolom “E3”. Untuk lebih jelas dapat kita lihat pada gambar dibawah.

















       Data yang akan dihitung telah terisi semua pada excel.

5.           Setelah mengisi semua data. Selanjutnya kita akan menghitung data tersebut.  Hal yang pertama kita hitung adalah mencari rata-rata data “p”. Secara manual mencari rata-rata dihitung dengan cara jumlah data dibagi dengan jumlah kolom. Pada software micrasoft excel lebih mudah. Untuk lebih jelas dapat kita lihat penjelasan pada gambar dibawah ini.















     1.    Arahkan cursor pada kolom “C16”, klik
           2.   Ketik sama dengan (=)
           3.   Ketik “average”.akan muncul tulisan AVERAGE
           4.   Double klik pada tulisa “Average
           5.   Kemudian blok semua data yang ingin kita cari nilai rata-rata yaitu kolom “C4” sampa “C15
           6.   Maka akan muncul  “=AVERAGE(C4:C15 . selanjutnya tutup kurung ( Shift+0).
           7.   Tekan “enter”. maka nilai rata-rata sampel “p” akan muncul ( lihat pada gambar dibawah ini ).

6.           Selanjutnya yang akan kita hitung adalah nilai rata-rata pada sampel “t”. Hal ini sama dilakukan dengar cara mencari nilai rata-rata pada padadata sampel “p”



















7.        Setelah mencari nilai rata-rata sampel “p”dan “t”. Maka sekarang kita akan menghitung nilai ( páµ¢-á¹— ). Untuk menghitung nilai (páµ¢-á¹—) pertama dilakukan adalah mengarahkan cursor pada kolom F3 lalu klik. Ketik (páµ¢-á¹—).




















8.          Selanjutnya menghitung nilai (páµ¢-á¹—) dengan cara mengarahkan cursor kemudian klik pada kolom F4. Ketik sama dengan. Setelah klik sama dengan arahkan cursor pada kolom C4 kemudian ketik tandakurang (-) dan selanjutnya arahkan cursor pada kolom C16. Tekan enter. Maka hasilnyaakan otomatis keluar. Untuk lebih jelas dapat kita lihat pada gambar di bawah ini.
















1.      Arahkan “cursor” pada kolom “F4”, klik
2.      Ketik tanda sama dengan (=)
3.      Klik nilai data pertama  sampel “p” pada kolom”C4
4.      Kemudian ketik operator “minus” (-)
5.      Selanjutnya akan kita kurangkan dengan nilai rata-rata pada sampel “p”. klik pada kolom “C16”. Maka tampilan pada kolom “F4” adalah “=C4-C16.
6.      Selanjutnya adalah menambahkan operator dollar “$” pada bagian sebelum dan sesudah huruf  “C”.( untuk lebih jelas dapay kita lihat pasda gambar dibawah untuk bagian penambahan operator Dollar ) kemudian tekan “enter”. Maka akan muncul hasil nilai (páµ¢-á¹—) pada kolom “F4














Catatan: Kenapa harus menambahkan simbol dollar ($)...... ???? hal ini berguna untuk mengunci formula pada kolom “C16” karena setiap data pada sampel “p” dikurangi dengan nilai rata-rata sampel ”p” pada kolom “C16”. Jika tidak dikunci formula kolom “C16” maka tidak dapat dilakukan secara cepat untuk menghitung nilai (páµ¢-á¹—) selanjutnya.

















Setelah menambahkan operator dollar ($)  dilanjutkan dengan tekan “enter”maka hasilnya akan muncul yaitu 16, seperti pada gambar di atas.

9.          Nilai (páµ¢-á¹—) yang pertama sudah kita hitung. kemudian menghitung (páµ¢-á¹—) selanjutnya dapat kita lakukan dengan sangat mudah. Karena sudah kita kunci terlebih dahulu tadi menggunakan ataumenambahkan simbol dollar ($). Cara mudah menghitungnya dapat kita pada kita lihat penjelasannya pada gambar dibawah ini.














1.      Klik pada kolom “F4”. maka akan muncul kotak disekitar kolom “F4
2.      Klik dan tahan pada bagian kotak tersebut disebelahsudut kiri.
3.      Tarik atau geser kebawah sampai pada kolom “F15”, lepas cursor.
4.      Maka semua nilai (páµ¢-á¹—) terhitung secara otomatis oleh microsoft excel. ( dapat dilihat pada gambar dibawah ini ).













10.    Selanjutnya adalah menghitung nilai (táµ¢-ṫ). Menghitung nilai (táµ¢-ṫ) sama halnya dengan cara menghitung nilai (páµ¢-á¹—). Dimana sama-sama dikunci dengan simbol dollar ($). Yang membuat beda dimana (páµ¢-á¹—) dihitung dengan data pada sampel ”p”. sedangkan nilai (táµ¢-ṫ) dihitung dengan data sampel “t”.  Untuk menghitung nilai (táµ¢-ṫ) dapat kita lihat pada penjelasan gambar dibawah ini.















1.      Arahkan “cursor” pada kolom “G3”, klik
2.      Ketik “(táµ¢-ṫ)”.
3.      Selanjutnya klik dibawahnya pada kolom “G4”,
4.      Kemudian ketik  operator sama dengan (=).
5.      Dilanjut kandengan klik pada kolom “D4
6.      Ketik operator minus (-)
7.      Dilanjutkan dengan klik pada kolom “D16”, maka tampilan pada kolom”G4
=D4-D16” .
8.      Kemudian kita menambahkan operator dollar ($) untuk mengunci formula “D16”. Tekan “enter”.
9.      Setelah tekan “enter” maka hasilnya akan terketahi seperti pada gambar dibawah ini.

   












    Selanjutnya menghitung nilai (táµ¢-ṫ) seterusnya dengan cara mudah dan simpel. Dapat kita lihat penjelasan  pada gambar dibawah ini.















1.      Klik pada kolom “G4” maka akan muncul kotak disekitar kolom “G4
2.      Klik dan tahan pada bagian kotak tersebut disebelah sudut kiri.
3.      Tarik atau geser kebawah sampai pada kolom “G15”, lepas cursor.
4.      Maka semua nilai (táµ¢-ṫ) terhitung secara otomatis oleh microsoft excel. ( dapat dilihat pada gambar dibawah ini ).


















11.         Setelah nilai (páµ¢-á¹—) dan (táµ¢-ṫ)  telah kita hitung. Selanjutnya adalah kita kalikan nilai  (páµ¢-á¹—) dan (táµ¢-ṫ). Untuk menggunakan rumus perkalian pada program microsoft excel ada dua cara, pertama menggunakan operator arterisk (*) dan yangkedua menggunakan formula Product. Pada penjelasan ini penulis akan menggunakan rumus operator arterisk saja kerena rumus arterisk  adalah rumus yang paling umum digunakan oleh yang menggunakan program excel.
Untuk mencari nilai (páµ¢-á¹—) (páµ¢-á¹—) dapat kita perhatikan penjelasan pada gambar dibawah ini. 














1.      Arah kan cursor pada kolom “H3”,klik.
2.      Ketik  “(páµ¢-á¹—) (páµ¢-á¹—)”, tekan “enter”.
3.      Kemudian pada kolom “H4”, klik. Ketik operator sama dengan (=)
4.      Lalu klik pada kolom”F4”.
5.      Selanjutnya ketik tanda bintang (*).... (shift + 8)..
6.      Kemudian klik pada kolom “G4”, tekan “enter
7.      Setelah menekan tombol “enter” maka secara otomatis nilai akan terhitung pada program microsoft exce seperti pada gambar dibawah ini.

















Selanjutnya menghitung nilai (páµ¢-á¹—) (páµ¢-á¹—) yang selanjutnya dan seterusnya dapat kita lakukan dengan cara mudah dan simpel,yaitu dengan cara arahkan cursor pada kolom “H5” kemudian klik dan tahan pada sudut bawah kiri dikotak. Selanjutnya tarik atau geser kebawah sampai pada kolom “H15”, maka nilai akan terhitung dengan sendirinya. Untuk lebih jelas dapat kita lihat pada gambar dibawah ini.














Setelah cursor digeser kebawah sampai kolom “H15” maka nilai akan terhitung secara otomatis.














12.   Langkah selanjutnya adalah menjumlahkan nilai (páµ¢-á¹—) (páµ¢-á¹—). Dalam penggunaan rumus penjumlahan pada program excel terdapat dua pilihan, pertama menggunakan operator plus (+) dan yang kedua menggunakan fungsu SUM. Pada penjelasan ini penulis akan menggunakan fungsi SUM, karena jumlah data yang akan dihitung ada beberapa data. Maka menggunakan fungsi SUM agar lebih cepat dan mudah.
Untuk lebih jelas dapat kita lihat penjelasan pada gambar dibawah ini.














1.      Arahkan cursor pada kolom “G16”, klik
2.      Kemudian ketik sama dengan (=).
3.      Selanjutnya ketik SUM, maka akan muncul tulisan SUM seperti pada gambar diatas.
4.      Lalu klik dua kali pada tulisan SUM yang muncul tersebut.















5.      Setelah klik dua kali pada tulisan SUM, selanjutnya adalah blok nilai data yang ingin kita jumlahkan yaitu kita blok dimulai dari kolom “H4” sampai pada kolom “H15”,
6.      Maka pada kolom “H16” tampilannya adalah (=SUM(H4:H15
7.   Kemudian kita tambahkan tutup kurung. “(“ ,,, ( untuk excel yang lama mengharuskan untuk menambah tutup kurung. Pada program yang baru skrg tanpa menambah tutup kurung juga bisa)
8.  Kemudian tekan “enter”, maka hasilnya akan terhitung seperti tampilan pada gambar dibawah ini.
















13.     Bagian pembilang telah terselesaikan terhitung semua, sebelum melanjutkan menghitung nilai pada bagian penyebut. Adabaiknya kita membuat kotak atau tabel. Hal ini agar terlihat rapi dan lebih mudah dipahami bagian tabelnya. Cara membuat tabel pada progrom microsoft excel  yang pertama kita lakukan adalah blok terlebih dahulu semua bagian yang ingin kita jadikan tabel.  Selanjutnya klik pada “home’’ pilih “bottom border” kemudian klik pada “all border’’ pada pilihan bottom border. 

















1.      Blok bagian yang ingin kita jadikan tabel. ( data yangtelah kita hitung)
2.      Pada menu “Home”, klik “Bottom Bolder
3.      Maka akan muncul pilihannya. Pilih dan klik “All Bolder
4.      Maka akan terbuat tabel pada bagian yang telah kita blok tadi. Untuk lebih jelas dapat kita lihat pada gambar dibawah ini.















Setelah klik ‘all border’ pada pilihan ‘bottom bolder’ maka yang kita blok terlebih dahulu tadi akan muncul kotakyang menyerupai tabel.

4.     Selanjutnya yang kita lakukan adalah menghitung nilai bagian penyebut. Pada rumus diatas tertulis bahwa n-3. Untuk lebih jelas dapatkita lihat penjelasan pada gambar dibawah ini.














1.      Arahkan cursor pada kolom “G18”, klik. Lalu ketik “n
2.      Kemudian klik pada kolom “H18”, ketik jumlah nilai “n” yaitu 12
3.      Selanjutnya adalah mengurangkan jumlah nilai “n” dengan tiga (3)
4.      Arahkan cursor pada kolom “G19”,klik. Ketik “n-3
5.  Kemudian untuk menghitung nilai “n” dikurang tiga, arahkan cursor pada kolom “H19”,klik.
6.      Lalu ketik sama dengan (=), lalu ketik 12 ( jumlah nilai “n” ),
7.      Selanjutnya ketik operator minus (-). Kemudian ketik angka tiga (3).
8.      Kemudian tekan “enter”. Maka hasil nilai “n”  dikurangi tiga (30 akan diketahui yaitu 9.

15.      Selanjutnya  yang terakhir adalah menghitung nilai X. Yaitu dengan cara nilai pembilang dibagi dengan nilai penyebut. Untuk melakukan operasi pembagian bilangan pada program microsoft excel adalah dengan cara menggunakan operator slash (/).

Sekarang kita akan menghitung nilai X. Dapatkita lihat penjelasannya pada gambar dibawah ini. 




















1.      Arahkan cusor pada kolom “G20”, klik. Ketik X.
2.      Untuk membagi nilai pembilang dan penyebut, arahkan cursor pada kolom “H20”, klik.
3.      Lalu ketik sama dengan (=),
4.      Klik jumlah (páµ¢-á¹—)(páµ¢-á¹—) yaitu pada kolom “H16”,
5.      Lalu ketik operator slash ( / ).
6.      Kemudian klik jumlah nilai n-3 yaitu pada kolom”H19”.
7.   Tekan “enter”. makan secara otomatis nilai X akan muncul yaitu -108,444 seperti pada gambar dibawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUTORIAL PENJUMLAHAN, PENGURANGAN, PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PROGRAM MICROSOFT OFFICE EXCEL MENGGUNAKAN RUMUS PENJUMLAHAN

TUTORIAL PENJUMLAHAN, PENGURANGAN, PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PROGRAM MICROSOFT OFFICE EXCEL MENGGUNAKAN RUMUS PENJUMLAHAN Penjumlah...